Saturday, September 26, 2009

Ekspedisi 5 negara, first stop: Uniquely Singapore

Bulan Juli kemarin akhirnya aku dan 5 orang temanku lainnya, Winda, Mbak Uka, Mbak Diana, Mas Akta dan Mas Fandi melakukan perjalanan ke 5 negara, yaitu Singapur, Thailand, Malaysia, Hongkong dan China. Ini adalah perjalanan pertama aku dan Winda keluar negeri tanpa bantuan travel ataupun orang tua (semua-semua diurus sendiri) dan ala backpacker. Tapi ketua tim kami, yaitu Mas Akta, sudah sangat berpengalaman sebagai backpacker, dan selama perjalanan aku cukup mendapat banyak ilmu yang aku mau bagi disini.

Tiket Airasia Jkt-Singapur sudah kami beli dari bulan Juni. Tips untuk kalian yang mau dapetin tiket pesawat murah, intinya cuma satu:

sabar!
Kalau mau beli tiket,apalagi untuk perjalanan jauh-jauh hari, ga usah buru-buru beli, pantau dulu harga tiketnya, karena perusahaan-perusahaan penerbangan suka menawarkan tiket promo.

Jangan lupa sekarang fiskal mahal banget, supaya bebas fiskal:
cukup bawa fotocopy NPWP, dan untuk kamu yang masih dibawah 21 tahun bisa pakai NPWP orang tua (biasanya ayah) fotocopynya saja cukup, tapi yang sudah lewat 21 tahun dan masih belum bekerja (seperti aku, hehe) cukup bawa fotocopy NPWP ayah dan fotocopy kartu keluarga. Ngurusnya juga cepat dan ga ribet, cukup datangi loket bebas fiskal yang ada di dalam bandara.

Sebelum pergi ke negara tujuan, booking terlebih dahulu hostelnya melalui internet, bisa cari ke sini atau di sini. Biasanya sih, Anda diminta membayar uang muka terlebih dahulu melalui transfer atau credit card. Jangan lupa liat referensi dari orang-orang yang pernah menginap disana, maklum kadang kan foto suka menipu, hehe. Dan hostel biasanya punya beberapa tipe kamar, tinggal pilih mau yang private room (tapi harga lebuh mahal) atau shared room (lebih murah dan bisa dapat teman baru).

Dan di Singapura, Mas Akta memilih sebuah hostel di kawasan Geylang, Aljunied yang dekat sekali dengan stasiun MRT, bernama 98SG hostel. Rata-rata harga hostel di Singapur sekitar Rp 100.000 - 200.000,-, udah plus breakfast, dan biasanya dapet fasilitas wi-fi, mereka juga menyediakan komputer, yang pakainya harus bergantian, hehe.




foto bersama di hostel

Tempat-tempat yang kami kunjungi:

1. Orchard Road
Kalau untuk kalian yang mau belanja barang-barang branded, sepanjang jalan berisikan toko-toko dan mall-mall besar. Tapi kebanyakan tempat makan disini restoran-restoran yang harganya makanannya tidak begitu murah (untuk standar backpacker), yang paling murah ya MCDonalds palingan. Tapi untuk kamu yang backpacker tapi juga berwisata kuliner (ga mentingin harga untuk makanan), ga masalah untuk coba-coba tempat makan disini, banyak pilihan.


2. Merlion Park
Patung singa kaki duyung yang jadi lambang negara ini, katanya belum ke Singapura kalau belum foto di sana.



Anderson Bridge

Kalau kalian pergi ke Merlion Park menggunakan MRT, dari stasiun MRT jalan menuju Merlion Park, kalian juga bisa melihat Anderson Bridge. Lalu tepat di seberang Merlion Park, terdapat Esplanade, sebuah teater (dekat) pelabuhan, yang bentuk kubahnya mirip buah Durian.

3. Bugis
Ini dia satu lagi surga belanja di Singapura, selain toko-toko yang punya "brand" tapi ada yang namanya Bugis Street, semacam Melawainya Singapura, hehe kalau mau cari oleh-oleh kayak postcard, keychain dll. disini aja. Cari baju-baju, sepatu dan aksesoris juga disini. Salah satu tempat belanja favoritku di Singapura. Oia ada restoran yang namanya Toast Box, restoran ini tempatnya enak dan punya menu paket yang rasanya juga lumayan enak dengan harga yang cukup murah (untuk standar makan di Singapur).


4. Little India
Ada toserba yang buka sampai malam banget, dan barang-barangnya lumayan lengkap dan lumayan murah, hehe.

5. Marina Bay
Ini pelabuhan di Singapur, kalau kita pergi dari Batam naik kapal laut, maka kita masuk melalui Marina Bay. Lokasinya tidak jauh dari Merlion Park. Disini juga terdapat mall besar.

6. City Hall
Sekali lagi, disini ada tempat perbelanjaan juga dan Supreme Court, yang dibangun tahun 1939, bentuk bangunan klasik.



Tips untuk para wanita yang jalan-jalan ala backpacker tapi juga mau belanja. Berbeda dengan koper, tas backpack punya kapasitas yang sangat terbatas, dimana kita juga harus menimbang apakah kita kuat untuk membawa tas tersebut atau tidak. Jadi kalau tempat tujuan kita negara-negara surga belanja, dan kita memang sudah niat untuk berbelanja, cukup bawa beberapa pasang baju, seperti aku kemarin hanya membawa sepasang baju pergi dan sepasang baju tidur. Sisanya? BELI!hehehe... Tapi kita juga jangan sampai kalap dan membeli terlalu banyak hingga tidak cukup di tas kita. Setiap habis belanja sesampainya di tempat menginap coba masukan belanjaan ke dalam tas, supaya kita tau berapa sisa kapasitas tas kita. Ga perlu pakai plastik atau kotak-kotak yang bikin penuh, contoh kotak sepatu.


Tips transportasi:
Di Singapura, fasilitas transportasinya sudah sangat baik, lebih baik naik MRT yang jam operasinya 6 am- 12 pm atau bus umum. Hindari taxi, kalau ga kepepet (contoh: ngejar pesawat atau pulang kemalaman), soalnya mahal, hehe.. Oia, ada juga free feeder bus, lumayan kan? coba dimanfaatkan, hehe tanya-tanya aja, salah satunya ada dari City Hall. Untuk ke Changi airport juga naik MRT aja.
Untuk MRT dan bus, kita harus bisa baca peta rutenya supaya ga kesasar.


Mbak Diana yang lagi belajar beli tiket MRT, hehe

Fyi, biaya makan di Singapura salah satu paling mahal di antara negara-negara ASEAN lainnya. Hindari makan di mall, karena sudah pasti mahal. Kalau mau murah cari semacam food court, restoran atau tempat makan India, Cina atau Melayu.

Dari Singapura, kami melanjutkan perjalanan ke Phuket Island, Thailand. Tadinya kami mau lanjut ke Bangkok, tetapi sehari sebelumnya, kami mendapat tiket ekonomi promo Tiger Air menuju Phuket Island, jadi kami putuskan secara mendadak. Tiger Air, merupakan maskapai penerbangan Singapura yang menawarkan tiket murah (tapi jangan harap dapat makan atau minum ya), kalau di Indonesis sih semacam Lion Air. Harga tiket ekonomi promo tiger yaitu sekitar Rp 400.000,- (kalau di rupiahkan). Sebenarnya harga tiketnya hanya 5$, tapi seperti yang kita tahu, airport tax Singapore cukup mahal, hehe...

10 comments:

  1. waw... keren banget ka!
    jadi pengen, seneng bgt traveling yah?

    ReplyDelete
  2. hehe iya, dulunya sih suka traveling sm keluarga, skrg lg suka traveling sendiri, kamu jg pasti bisa kok. :)

    ReplyDelete
  3. keren! ditunggu posting-an selanjutnya
    4 negara lagi kak... :D

    ReplyDelete
  4. 3 negara lg, yg thailand udah dipost kok... ;)

    ReplyDelete
  5. mau nanya...itu nginep di 98sg bersih & nyaman gak? karena saya maret ini berencana akan ke singapore dan menginap di 98sg...thx...

    ReplyDelete
  6. wuah maaf mas,saya baru baca komennya. Hmm bersih dan lumayan nyaman kok. Tapi penjaganya sayang kurang ramah, hehe...

    ReplyDelete
  7. mbak wina mo nanya ttg 98SG Hostel
    1. Twin Private Shared Bathroom
    2. 3 Bed Private Shared Bathroom
    3. Deluxe 4 Bed Private Shared Bathroom
    4. 4 Bed Mixed Dorm
    5. Deluxe 4 Bed Mixed Dorm
    6. 6 Bed Mixed Dorm
    itu gmana yah mbak?nggak ngerti artinya..mksh bgt atas pencerahannya

    ReplyDelete
  8. di hostel ada dua jenis kamar yaitu private room dan shared room (mixed dorm). Kalau private room, kita harus booking 1 kamar, misalkan twin private room, maksudnya ada dua tempat tidur dan bisa untuk 2 org, kalaupun kita sendiri tetap harus bayar untuk 2 org. kalau untuk mixed dorm, kita bayar per tempat tidur, satu kamar biasanya bisa di isi 4-12 org tergantung kapasitas besar kamar, satu tempat tidur untuk satu orang. Misalkan 4 bed mixed dorm, kamar itu ada 4 tempat tidur yang bisa diisi oleh siapapun, dan biasanya campur cewe dan cowo kecuali female mixed dorm artinya khusus perempuan. Misalkan kita sendiri, kita memilih twin private maka kita di kamar itu harus membayar untuk 2 org, sedangkan kalau pilih 4 bed mixed dorm kita membayar untuk satu orang, dan 3 org lainnya kita ga kenal, tp kalau senang cari teman baru pasti menyenangkan :)

    Untuk shared bathroom maksudnya kamar mandi berada di luar kamar, untuk beberapa hostel terkadang private room sudah termasuk kamar mandi di dalam kamar, tapi di 98SG semua kamar tidak memiliki kamar mandi sendiri dan juga ga ada female mixed dorm, karena ga terlalu besar. Hmm klo boleh kasih masukan coba di footprints hostel di daerah little india, kamar mereka cukup lengkap..

    semoga dapat membantu :)

    ReplyDelete
  9. mksh mbak wina...jwbannya sangad membantu..oya mbak minta rekomendasi hostel yang nyaman yang deket bgt ma mrt dunk mbak yah kira2 jalannya 1 menitan aja soalnya aku nggak kuat jalan hehe..mksh lagi yah mbak :)

    ReplyDelete
  10. enak ya liburan ke singapore
    kapan ya bisa kesana...

    ReplyDelete